-->

Saturday 13 July 2019

Cara Budidaya Kangkung Darat

Cara Budidaya Kangkung Darat

cara-budidaya-kangkung-darat

Croppiz.com - Budidaya kangkung darat pada ketika ini telah mulai dikenal di masyarakat. Kangkung darat adalahsatu dari dua jenis kangkung, di samping kangkung air. Perbedaan kedua jenis kangkung ini dapat dilihat pada format daun serta warna bunga. Pada kangkung darat yang mempunyai nama latin Ipomea Reptans, unsur daunya ingin berwarna hijau cerah dengan ujung daun berbentuk runcing. Warna bunga kangkung darat berwarna putih.

Sementara guna kangkung air, mempunyai daun yang warnanya hijau agak gelap. Ujung daun kangkung air ini bentuknya ingin membulat atau tumpul, sampai-sampai nampak lebih lebar. Warna bunga kangkung air ingin lebih ungu.

Perbedaan lain pun terlihat pada ketika proses panen dilakukan. Dimana pada budidaya kangkung darat, proses panen dilaksanakan dengan teknik mencabut. Sedangkan pada kangkung air, proses panen dilaksanakan dengan teknik dipotong.

Dari kedua jenis kangkung tersebut, jenis kangkung darat ingin lebih gampang dijumpai di pasar. Sementara guna kangkung air, ingin lebih tidak sedikit dikonsumsi serta ditanam secara subsistem oleh masyarakat. Di sisi lain, situasi ini juga diakibatkan karena proses budidaya kangkung darat ingin lebih gampang dilakukan.

Budidaya kangkung darat lebih dipilih, sebab jenis kangkung ini ingin lebih tahan terhadap serangan hama. Di samping itu, siklus panen dari kangkung darat ingin lebih singkat sampai-sampai lebih cepat menghasilkan uang. Apalagi, harga kangkung di pasaran ingin lebih murah bila dikomparasikan dengan jenis sayuran lainnya.

Dengan kenyataan tersebut menjadikan kangkung darat lebih dipilih guna dibudidayakan. Bagi beberapa petani, tidak sedikit yang mengembangkan budidaya kangkung darat dengan sistem organik. Hal ini sebab kangkung darat yang dibudidayakan secara organik, memang mempunyai harga jual lebih tinggi.

Teknik Budidaya Kangkung Darat

Budidaya kangkung darat ini dapat dilakukan baik di dataran rendah atau pun dataran tinggi. Yang sangat penting merupakan, tumbuhan harus mendapatkan lumayan sinar matahari dan pun curah hujan cukup. Proses pengembangbiakan kangkung darat ini dapat dilakukan dengan sistem biji atau stek. Namun, lebih tidak sedikit petani yang mengembangkan dengan sistem biji.

Pemilihan biji yang baik diperlukan untuk menemukan hasil tumbuhan yang baik. Beberapa jenis biji unggulan yang tidak sedikit dicari ialah varietas Sutera dan pun Bangkok. Benih sutera adalahjenis embrio yang diintroduksi dari embrio Hawaii yang dilaksanakan oleh Kementrian Pertanian semenjak tahun 19880an.

Namun begitu, pada ketika ini yang tidak sedikit dijual di pasaran justru embrio Bisi serta Panah Merah. Di samping itu tidak sedikit pula jenis embrio kangkung yang berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur. Benih kangkung darat dirasakan baik, bila daya tumbuhnya lebih dari 95% serta tumbuhnya tegak paling tidak sampai 8 minggu. Mengingat, kangkung darat yang tumbuh secara menjalar, tidak cukup begitu digemari oleh masyaarakat. Jangan pula gunakan embrio yang sudah ditabung lebih dari 1 tahun, sebab produktivitasnya tidak terlampau baik.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post