-->

Saturday 13 July 2019

Mengenal Kayu Suren

Mengenal Kayu Suren

mengenal-kayu-suren

Croppiz.com - Kayu suren atau yang mempunyai nama ilmiah Toona Sureni, adalahsalah satu jenis kayu yang lumayan disukai oleh masyarakat. Jenis kayu ini tidak sedikit dimanfaatkan untuk sekian banyak  kebutuhan manusia. Misalnya saja untuk menciptakan mebel, pintu, daun jendela, atau pun untuk keperluan lain yang memakai bahan baku kayu.

Hal ini sebab jenis kayu suren dinilai lumayan mempunyai kualitas yang baik dan tidak mudah merasakan pembusukan atau dimakan rayap. Masyarakat pun cukup tidak sedikit yang menempatkan kayu suren ini sebab mempunyai nilai hemat yang lumayan tinggi.

Pohon kayu suren sendiri, digolongkan sebagai pohon yang berukuran sedang sampai besar. Hal ini sebab pohon ini dapat mencapai elevasi 40 sampai 60 meter. Dimana dengan elevasi tersebut, unsur yang bebas cabang dapat mencapai 25 meter. Sehingga ada cukup tidak sedikit bagian dari pohon ini yang dapat dimanfaatkan untuk sekian banyak  olahan.

Pohon ini dapat mencapai diameter selama 1 meter, bahkan lebih. Sebab, di area yang jauh dari pemukiman laksana di pegunungan, dapat dijumpai pohon suren yang mempunyai diameter sampai 3 meter. Pohon suren mempunyai banir sampai ketinggian 2 meter.

Karakter kayu suren ini pada unsur batangnya bakal nampak pecah serta seakan tumpang tindih. Warnah kulit pohon suren sendiri coklat keputihan, pusat sampai kelabu-abuan serta menimbulkan wewangian khas pada ketika ditebang atau dipotong. Kayu suren memiliki mutu yang enteng sehingga sesuai bila dipakai sebagai bahan pembuat bangunan rumah.

Manfaat Kayu Suren

Dibandingkan dengan sejumlah jenis pohon lain, pohon suren memiliki sejumlah kelebihan yang tidak ada pada jenis lainnya. Diantara sejumlah kelebihan itu antara lain ialah bahwa daun kayu suren ini, tidak dapat digunakan sebagai makanan ternak. Sehingga insan tidak bakal memangkas daun pohon suren, karena dapat membuat ternak yang memakan daun itu menjadi mabuk.

Dengan tidak dipangkasnya daun suren, maka perkembangan pohon ini menjadi sempurna. Di sisi lain, dengan karakter pohon yang dapat tumbuh dalam ukuran besar dan lumayan tinggi, dapat dimanfaatkan sebagai media pemecah angin. Sehingga akan menciptakan lingkungan di dekat pohon itu aman dari gangguan angin yang lumayan kencang.

Itulah mengapa, tumbuhan ini tidak sedikit ditanam di perkebunan atau pun pinggir jalan. Di samping itu, akar dan kulit kayu suren dapat dimanfaatkan sebagai obat diare. Buah serta kulit kayu suren, dapat diolah menjadi minyak atsiri.

Bahkan berdasar riset di laboratorium, suren pun berisi bahan surenon, sureniin serta surenolakton. Zat tersebut berfungsi untuk menghambat perkembangan lava serangga uji ulat sutera. Bahan itu juga berfungsi untuk menampik serangga tergolong diantaranya ialah pengusir nyamuk yang lumayan ampuh.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post