-->

Saturday 6 July 2019

Manfaat Molase Bagi Ternak

Manfaat Molase Bagi Ternak

manfaat-molase-bagi-ternak

Croppiz.com - Dalam kehidupan sehari-hari, tidak sedikit orang yang belum memahami mengenai guna molase. Meskipun secara tidak langsung, mungkin mereka sudah memakai molase atau bahkan merasakan guna dari molase itu. Meski mereka tidak mengetahui tentang apa yang dinamakan dengan molase tersebut.

Molase sendiri adalahgula tetes terakhir yang diperoleh dari proses pemisahan kristal gula. Molase diperoleh setelah proses pemisahan kristal gula ini dilaksanakan sebanyak empat kali. Dari empat kali proses pemisahan ini, bertujuan untuk menggali lindi induk atau gula tetes terakhir tersebut.

Dalam molase, ada kandungan gula invert, gula, air, garam serta karbohidat. Bagi jenis tetes tebu yang mempunyai kualitas baik, seringkali akan dimanfaatkan untuk menciptakan rum dan bahan gabungan masakan. Di samping itu, molase pun dimanfaakan guna konsumsi insan secara langsung.

Sedangkan molase yang mempunyai kualitas tidak cukup baik, tidak dilemparkan begitu saja dan tetap masih dapat dimanfaatkan. Pemanfaatan molase yang berbobot | berbobot | berkualitas kurang baik ini antara beda sebagai bahan gabungan makanan ternak serta sebagai gabungan untuk menciptakan alkohol. Jika dipakai sebagai gabungan pakan ternak, molase akan dipakai dalam penciptaan probiotik khusus guna ternak serta ikan.

Molase Bagi Ternak


Pemanfaaatan molase untuk hewan sendiri telah dikenal semenjak tahun 1970. Dimana molase ini bermanfaat sebagai antibiotik pada ikan. Di samping itu, molase dimanfaatkan pula sebagai pakan ekstra ikan serta sebagai pakan alternatif. Molase dipakai sebagai gabungan pakan ikan ini prosesnya dengan teknik dibibis. Beberapa jenis ikan yang tidak jarang mendapatkan asupan makanan yang berasal dari gabungan molase ini antara beda ikan lele, gurame, bawal serta ikan mas.

Secara umum, pemberian molase yang bermanfaat sebagai probiotik pada ikan ini masih tidak sedikit digunakan pada jenis ikan air tawar saja. Di samping ikan yang telah disebut di atas, sejumlah jenis ikan beda yang memakai molase ini antara beda patin, nila, serta gurame.

Molase yang dipakai pada ternak ikan ini, bertujuan untuk menambah kualitas air yang adalahhabitat ikan. Air yang berbobot | berbobot | berkualitas baik, akan menciptakan ikan lebih sehat dan susah terkena serangan penyakit yang biasa menyerang pada ikan.

Selain dapat untuk membetulkan kualitas air, molase juga berfungsi untuk menolong percepatan perkembangan ikan serta menambah produktivitas ikan. Molase pun bisa bermanfaat menghambat timbulnya bakteri patogen yang biasa tumbuh di dalam air.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post