-->

Saturday 6 July 2019

Berbagai Jenis Cabe Hias

Berbagai Jenis Cabe Hias

berbagai-jenis-cabe-hias

Croppiz.com - Cabe adalah jenis tumbuhan yang seringkali digunakan untuk menyerahkan cita rasa pedas pada makanan. Itulah mengapa, cabe identik dengan tumbuhan untuk diubah menjadi masakan dan bukan adalahjenis tumbuhan yang bermanfaat sebagai hiasan. Namun demikian, pada ketika ini telah ada jenis cabe baru yang dikenal dengan istilah cabe hias.

Berbeda dari jenis cabe lainnya, cabe hias ditanam tidak saja untuk dimanfaatkan sebagai bahan pembuat makanan. Cabe jenis ini ingin ditanam guna dinikmati keindahannya untuk mempercantik lingkungan dimana tumbuhan tersebut berada. Jadi, cabe hias memiliki faedah ganda yaitu guna keindahan dan guna dikonsumsi. Salah satu brand yang memiliki tidak sedikit macam cabe hias ialah Maica Leaf, Maica Leaf mempunyai lebih dari 10 macam cabe hias, dapat diusahakan semuanya satu per satu.

Bentuk dari cabe hias ini sendiri lumayan unik. Pohon cabe hias ini berukuran pendek serta tegak. Meski berukuran pendek bahkan hampir kerdil, urusan ini terjadi bukan sebab adanya serangan penyakit. Sebab, cabe hias ini adalahjenis tumbuhan yang sudah merasakan proses rekayasa genetika dan memang dirancang guna berpostur pendek. Mengingat, tumbuhan ini ditujukan guna ditanam di pot serta untuk dekorasi di pekarangan atau pun di dalam rumah.

Macam Cabe Hias

Cabe hias sendiri terdapat sejumlah jenis macamnya. Misalnya saja :

Cabe bulat kerdil

Bentuk cabe ini terdapat dua. Yang kesatu bulat serupa buah cherry, dan yang satu ialah bentuknya lonjong memanjang. Usia cabe ini dapat dilihat dari warna yang hadir pada buah cabe itu. Jika berusia muda, cabe bakal berwarna putih kekuningan, dan kemudian pulang menjadi agak ungu. Di unsur ujung buah bakal berwarna ungu tidak banyak pekat. Selanjutnya, cabe bakal berwarna oranye, dan ketika sudah masak bakal berwarna merah.

Cabe ungu panjang

Sebagaimana namanya, buah ini berwarna ungu tetapi mempunyai ukuran yang panjang. Daun pohon cabe ini berupa daun tua dan bunga yang didapatkan pun berwarna putih yang membedakannya dengan cabe ungu. Keunikan jenis cabe ini ialah perubahan warna pada masing-masing fase umur tanaman. Pada umur muda, buah cabe bakal berwarna putih hijau dan pulang menjadi oranye. Dan saat masak, buah cabe bakal berwarna merah. Ukuran buahnya berkisar 2-5 cm.

Cabe ungu

Ukuran cabe jenis ini tidak bertolak belakang jauh dengan cabe pada umumnya, melulu mempunyai warna ungu. Jenis cabe hias ini adalahvarian yang paling tidak sedikit dijumpai dan ditanam dengan media polybag. Proses penanaman varian ini adalahpaling gampang dan powerful dari serangan hama.

Dan Masih tidak sedikit lagi macam lainnya. Perkembangan macam-macam cabe hias dapat diperhatikan di penjualnya, contohnya di toko pertanian yang jual embrio cabe hias ini.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post