-->

Monday 15 July 2019

Prospek Buah Jambu Kristal di Indonesia

Prospek Buah Jambu Kristal di Indonesia

prospek-buah-jambu-kristal-di-indonesia

Croppiz.com - Jambu biji ialah salah satu jenis buah yang digemari. Rasanya yang nikmat memang ramah di lidah. Di samping itu, di Negara tropis laksana Indonesia, buah jambu biji gampang didapatkan. Jambu biji ini berbuah sepanjang tahun, karenanya tak heran andai keberadaannya melimpah, Hal ini pasti menguntungkan untuk konsumen sebab harga jambu biji lantas menjadi murah.

Secara umum tampilan jambu biji seolah sama. Padahal, bila kita jeli, sebetulnya ada tidak sedikit jenis jambu biji ini. Ada yang dipisahkan menurut warna dagingnya, terdapat pula yang dipisahkan menurut pada format luar buah tersebut sendiri. Salah satu jenis jambu biji yang sedang digemari saat ini ialah jambu kristal. Jangan menginginkan jambu ini mempunyai tampilan serupa kristal. Ia secara prinsipil sama saja dengan jenis jambu lainnya. Akan tetapi sejumlah kesitimewaan menciptakan kata kristal melekat di namanya.

Jambu kristal ini pada tadinya dikembangkan di Taiwan. Maka tersebut jangan heran andai orang-orang pun menyebutnya jambu biji Taiwan. Jambu ini adalahhasil mutasi dari residu Muangthai Park. Kabarnya ia ditemukan di tahun 1991 tepatnya di suatu wilayah mempunyai nama District Kao Shiung, Taiwan. Sepintas, daging buah pada jambu kristal ini terlihat tak mempunyai biji sama sekali. Hal ini salah, karena jika dicermati jambu ini pun mempunyai biji dalam jumlah yang paling sedikit dan biji tersebut pun lunak sehingga ingin tidak terlihat. Jambu kristal ini kini populer di Indonesia sebab rasanya yang nikmat.

Bobot buah rata rata 500gr, bahkan terdapat yang menjangkau 900gr. Kulit hijau mulus di lapisi lilin yang lumayan tebal, sampai-sampai sulit di tembus hama. Warna daging buah putih dengan tekstur renyah ketika mangkal dan lunak saat matang. Bentuk buah jambu kristal bulat agak gepeng, yang istimewa jambu kristal ini berbiji tidak banyak dan dapat berbuah sepanjang tahun. Pada usia 2 tahun jambu kristal ini dapat berproduksi 50-70kg/tahun.

Jambu kristal lebih tahan cuaca dikomparasikan tanaman buah lainnya. Tanaman Jambu kristal dapat berbuah di seluruh musim, baik ketika kemarau maupun kering. Kelebihan jambu kristal lainnya dapat berbuah kapan saja, bahkan enam bulan sesudah masa tanam.

Salah satu varietas jambu biji yang mendapat tidak sedikit permintaan ialah jambu biji kristal (sweet seedless). Jambu yang memiliki tidak sedikit keunggulan ini berasal dari Taiwan. Di samping daging buahnya renyah, kandungan biji pada jambu ini tidak cukup dari 10% dari isi dagingnya. Buah ini mempunyai kadar kemanisan di kisaran 11-12 brik, serta berisi tidak sedikit air. Tak heran, jambu Kristal juga lebih digandrungi sebagai buah konsumsi.

Dinas Pertanian Sragen memperhitungkan dana sebesar Rp.500.000.000 guna pengembangan jambu kristal yang ditanam di delapan hektar lokasi pertanian Kabupaten Sragen. Jambu kristal yang ketika ini sedang diujicoba tanam di di antara lahan pertanian di Masaran, selanjutnya bakal dikembangkan di seluruh wilayah Kabupaten Sragen. Pengembangan jambu kristal tersebut dilaksanakan untuk meningkatan perekonomi masyarakat kurang mampu di Sragen.

Prospek buah jambu kristal paling menarik. Pasalnya, permintaan jambu kristal di dekat Pulau Jawa lumayan tinggi. Disusul program kementerian yang hendak mengekspor buah-buahan lokal, salah satunya jambu kristal. Sementara itu, di Sragen telah ada tengkulak yang mau menampung buah jambu kristal semua petani nanti.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post