-->

Wednesday 19 December 2018

Menanam Wortel di Halaman Rumah Lengkap





Croppiz- Wortel adalah tumbuhan biennal atau tumbuhan yang dapat tumbuhan dengan siklus 12-14 bulan. Tumbuhan ini menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar. Batang Bungan tumbuh setinggi sekitar 1 meter, Bunga berwarna putih dan rasa yang manis. Bagian yang dapat dimakan dari wortel ialah bagian umbi akarnya.

Berikut klasifikasi ilmiah dari wortel:
·        Kingdom              : Plantae
·        Divisi                   : Magnoliophyta
·        Kelas                   : Magnoliopsida
·        Ordo                    : Apiales
·        Famili                  : Apiaceae
·        Genus                  : Daucus
·        Speses                 : D.Carota
·        Nama Ilmiah         : Daucus carota L.

Wortel mengandung beta-karoten di dalamnya, yang berguna sebagai antioksidan. Selain beta-karoten, manfaat wortel juga terdapat dari kandungan serat, vitamin K, dan kalium. Wortel juga mengandung serat makanan yang bisa memperbaiki kondisi saluran pencernaan yang terganggu seperti diare atau konstipasi.

Menanam wortel sangatlah mudah, apalagi jika ditaman di halaman rumah. Menanam wortel dihalaman rumah dapat menambah estetika halaman dan juga menghemat pengeluaran kamu. Kamu dapat memetik langsung wortel dari halaman rumah tanpa membeli lagi dipasar.

Berikut langkah-langkah menanam wortel dihalaman rumah:

1. Persiapan

Pilihlah tempat yang mendapat matahari penuh. Tanaman wortel dapat tumbuh baik di bawah matahari penuh, tetapi masih dapat mentolerir naungan dalam kondisi rendah. Perkecambahan wortel tergolong rendah. Masa perkecambahan dapat mencapai 3 minggu hingga muncul kecambah awal, jadi jangan panik jika kecambah wortel tidak muncul-muncul.

Salah satu hal yang paling penting ketika menanam tanaman ialah memastikan kondisi tanah yang digunakan. Pastikan tanah yang kamu gunakan tidak mengandung batu atau kerikil. Batu yang dalam tanah dapat mengganggu pertumbuhan dan bentuk umbi wortel. Saringlah tanah sebelum kamu gunakan. Pilihlah tanah yang gembur, tanah gembur dapat membantu pertumbuhan dam mudah digarap ketika awal.

 Bentuk wortel berubah karena batu

Penggunaan pupuk ataupun pupuk kompos juga sangat berpengaruh pada wortel. Penggunaan pupuk yang sangat banyak menyebabkan pertumbuhan wortel menjadi tinggi sehingga muncul cabang pada wortel dan mengeluarkan sedikit akar.

Baca Juga: Cara menanam kubis lengkap

2. Penanaman

pH yang ideal untuk yaitu 6.0-6.8. Campurlah tanah yang telah disaring dengan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Lalu masukkan tanah kedalam pot atau buatlah bedengan dengan dengan ukuran yang disesuaikan. Lalu semai biji wortel di bedengan yang telah dibuat, jarak tanam wortel yaitu 20 cm.

   3. Perawatan

Gunakan mulsa yang berasal dari bahan organik , mulsa berfungsi untuk menjaga kelembaban tanah dan menghalangi matahari langsung ke akar. Setelah tanaman tumbuh setinggi satu inci, pangkaslah sebagian cabang yang tumbuh. Penyiraman dilakukan setiap hari untuk menjaga kelembaban tanah dan kebutuhan air tanaman. Pemberian pupuk lanjutan dilakukan pada 5-6 minggu setelah tanam.

Baca Juga: Cara menanam kembang kol lengkap bagi pemula

   4. Hama dan Penyakit

Beberapa hama yang menyerang wortel yaitu: Hama lalat, hama ini meletakkan telur pada dasar wortel. Larva yang menetas kemudian membuat terowongan melalui akar sehingga menyebabkan akar menjadi busuk. Parahnya, kerusakan akar tidak hanya terjadi pada fisik luarnya saja, tetapi juga merusak aktivitas dan mengubah rasa wortel dan pada akhirnya tidak dapat dimakan. Gunakanlah mulsa untuk menghindari serangan hama ini.

Hama kumbang klik, tubuh kumbang ini sekitar satu inci dengan warna coklat kemerahan. Ketika ditekan, hama ini berubah menjadi keras seperti kawat, sehingga namanya disebut wireworm. Kumbang klik mengunyah akar secara tidak beraturan, dan membuat wortel menjadi tidak bisa dimakan. Hama kumbang klik lebih suka tanah yang lembab untuk hidup. Cara mencegah serangan hama ini adalah dengan cara menanam daun mustard, rasa daun mustard tidak disukai oleh hama klik dan membuat mereka menjauh.


  5. Panen dan Penyimpanan

Wortel dapat dipanen pada 2-4 bulan setelah tanam, atau ketika diameter tanaman mencapai ½ inci.  Wortel rasanya lebih enak setelah embun beku, embun beku mendorong tanaman untuk menyimpan energi dan gula didalam akar untuk digunakan nanti.
Setelah panen, bersihkan kotoran pada bagian atas wortel dengan air sejuk, lalu biarkan kering dan simpan dalam kantong plastic kedap udara. Jika kamu memasukkan wortel dalam kulkas, maka kondisi wortel akan mengerut setelah beberapa jam.




NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post