-->

Friday 5 July 2019

Berbagai Macam Manfaat Polybag dalam Budidaya Tanaman

Berbagai Macam Manfaat Polybag dalam Budidaya Tanaman

berbagai-macam-manfaat-polybag-dalam

Croppiz.com - Pemanfaatan plastik polybag akhir-akhir ini menjadi suatu solusi untuk menciptakan sebuah media tanam untuk mereka yang mempunyai keterbatasan lahan. Polybag sendiri tercipta dari bahan plastik yang diberi lubang sebagai pori-pori. Fungsinya serupa
dengan pot, melulu saja memiliki sejumlah perbedaan.

Dari segi bobot, polybag mempunyai ukuran yang enteng serta dapat dilipat. Sementara pot ukurannya lebih berat dan tidak dapat dilipat. Dari segi format pun, polybag memiliki format dan warna yang sama. Sementara pot tidak seragam.

Dari segi faedah pun ada perbedaan. Jika pot lebih tidak sedikit digunakan sebagai media hiasan, sedangkan untuk polybag tidak demikian. Polybag seringkali lebih tidak sedikit digunakan sebagai media tanam baik secara sedangkan atau pun permanen. Sehingga polybag tidak mengedepankan estetika. Itulah mengapa, warna polybag juga didominasi warna gelap.

Keunggulan polybag

Meski tidak menyerahkan unsur estetika atau keindahan, tetapi pada dasarnya menempatkan menggunakan plastik polybag memberikan sejumlah keuntungan. dimana dengan memakai plastik polybag, sistem aerasinya bakal lebih baik bila dikomparasikan dengan memakai pot. Di samping itu, sistem sirkulasi udara yang diperlukan tanah serta sistem drainasenya masih lebih baik daripada andai menanam memakai pot.

Itulah mengapa, bilamana bercita-cita guna melakuakn sesuai tanam dalam jumlah banyak, seperti menempatkan sayuran, lebih dianjurkan menggunakan polybag. Mengingat dengan memakai polybag, jumlah tumbuhan yang dapat ditanam lebih tidak sedikit dibandingkan dengan memakai pot.

Untuk pot, bakal lebih sesuai jika dipakai sebagai media tanam tumbuhan hias. Dimana tujuannya ialah untuk meningkatkan keindahan halaman lokasi tinggal atau pekarangan. Karena selain dapat memperindah melewati jenis tumbuhan yang ditanam, pemilihan pot yang berkarakter, akan menambah nilai keindahan tersebut.

Dalam memilih jenis plastik polybag, usahakan dicocokkan dengan jenis tumbuhan yang bakal ditanam sebagai contoh, bila berkeinginan menanam cabai, pilihlah polybag berukuran 55 cm x 40 cm x 0.11 mm. Pemilihan jenis polybab ini paling penting, sebab polybag ialah media untuk akar saat mereka berkembang serta memungut unsur hara yang terdapat di dalam tanah yang diberi batas polybag.

Dengan demikian, mesti ada lumayan ruang untuk tanaman itu, supaya bisa berkembang secara optimal. Dalam memilih jenis polybag butuh juga diacuhkan masalah ketahanannya. Hal ini terutama untuk jenis tumbuhan yang pada nantinya akan tidak jarang dipindah. Tujuannya ialah menghindarkan polybag itu mengalami kehancuran seperti sobek ketika dipindah. Biasanya, ancaman kehancuran ini bakal terjadi pada unsur dinding polybag.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post