-->

Friday 5 July 2019

Cara Budidaya Kedelai Edamame Jepang

Cara Budidaya Kedelai Edamame Jepang

cara-budidaya-kedelai-edamame-jepang

Croppiz.com - Saat ini budidaya kedelai edamame mulai tidak sedikit dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Jenis kedelai yang berasal dari Jepang ini memiliki format yang lebih besar dikomparasikan dengan jenis kedelai biasa. Dimana jenis kedelai edamame ini dapat mencapai mutu hingga 30 gram per 100 bijinya.

Di samping karena hal ukurannya yang lebih besar, masyarakat menyenangi jenis kedelai ini sebab memiliki tidak sedikit fungsi. Sejak polong kedelai masih berwarna hijau atau ketika usia muda, kedelai ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Kedelai edamame juga dapat dimanfaatkan sebagai jenis makanan kecil laksana kacang dengan teknik direbus. Di samping itu, kedelai ini dapat pula diubah menjadi susu, jus, pastry edamame, kripik dan beda sebagainya.

Kandungan protein yang melekat pada kedelai ini pun lumayan lengkap. Dimana kandungan protein yang dimilikinya sama sebagaimana kandungan protein pada susu, telor atau pun daging. Untuk mereka yang mempunyai masalah kolesterol, pun sangat disarankan mengkonsumsi produk kedelai edamame ini. Mengingat dalam kedelai ini ada zat anti kolesterol yang lumayan bermanfaat untuk kesehatan seseorang.

Potensi

Dengan adanya guna yang cukup tidak sedikit dari kedelai edamame ini, tak salah andai peluang dari budidaya kedelai edamame ini lumayan menjanjikan. Potensi pasar yang lumayan terbuka ini, masih diperbanyak dengan adanya data bahwa petani yang mengembangkan budidaya kedelai edamame di Indonesia pada ketika ini masih paling sedikit. Sebaliknya, permintaan pasar bakal jenis kedelai ini lumayan berlimpah. Sehingga produk yang terdapat di pasar bakal dengan gampang diserap oleh pasar.

Pada ketika ini, hasil panen kedelai edamame ini tidak melulu ditujukan guna pasar domestik saja. Namun, beberapa hasil panen kedelai edamame ini pun dikirim ke luar negeri, terutama ke negara asalnya yakni Jepang.

Dari data yang ada, keperluan permintaan kedelai edamame di domestik setiap tahunnya menjangkau 700 ton. Sementara keperluan kedelai edamame untuk mengisi permintaan pasar luar negeri, masing-masing bulan menjangkau 40 kontainer. Faktanya, jumlah itu baru diisi sebanyak 4 kontainer saja.

Proses penanaman

Proses budidaya kedelai edamame sendiri tidak sulit. Dimana kedelai ini melulu perlu ditanam pada lahan yang berketinggian paling tidak 200 meter di atas permukaan laut, dengan suhu antara 26-30 derajat celcius. Hal yang mutlak mesti ada ialah kecukupan sinar matahari.

Benih yang diperlukan pun lumayan terjangkau. Dimana guna satu hektar lahan melulu dibutuhkan embrio sekitar 80-100 kilogram saja. Jenis embrio yang tidak sedikit ditanam oleh petani ialah jenis varietas Ryoko. Karena varietas ini memiliki format yang lebih banyak dengan cita rasa manis.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post