-->

Friday 5 July 2019

Potensi Tanaman Pisang di Indonesia

Potensi Tanaman Pisang di Indonesia

potensi-tanaman-pisang-di-indonesia

Croppiz.com - Bagi masyarakat Indonesia, budidaya pisang tidak lagi hal asing. Hal ini sebab tanaman pisang adalahsalah satu jenis tumbuhan yang gampang dijumpai di nyaris semua rumah. Terlebih di area pedesaan, pisang seakan tumbuhan yang mesti ada di masing-masing rumah. Hal ini sebab di desa, tidak sedikit masyarakat yang masih mempunyai sisa tanah berukuran lumayan luas untuk menempatkan pisang.

Namun demikian, proses budidaya pisang ini sendiri sekitar ini masih dilaksanakan secara sederhana. Artinya, belum tidak sedikit masyarakat yang inginkan mengembangkan proses penanaman pisang melewati metode yang benar. Akibatnya, komoditas pisang yang dapat dihasilkan sekitar ini masih paling terbatas.

Proses penanaman pisang masih menjadi sebuah kegiatan sampingan dan belum tidak sedikit yang mengembangkan sebagai komoditas ekonomi yang utama. Pisang masih ditanam secara konvensional, tanpa melewati proses yang intensif. Akibatnya, tumbuhan pisang juga berkembang secara alami tanpa merasakan peningkatan kualitas.

Potensi Tanaman Pisang

Padahal, andai budidaya pisang ini dikembangkan secara intensif sebenarnya dapat memberikan potensi yang lumayan besar. Hal ini berhubungan dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat bakal kesehatan. Dan pisang adalahsalah satu jenis buah yang mempunyai kandungan vitamin dan guna paling lengkap, khususnya jika dikomparasikan dengan buah lainnya.

Pisang pun menjadi di antara jenis buah yang tidak sedikit disukai masyarakat. Kebutuhan bakal pisang ini, tidak saja sebagai menu pelengkap hidangan saja. Namun, pisang pun menjadi unsur acara ritual untuk sebagian masyarakat Indonesia.

Misalnya dalam acara pernikahan, atau ritual keyakinan daerah. Hampir dapat dipastikan, eksistensi buah pisang yang dilibatkan dalam pekerjaan tersebut. Di samping itu, buah pisang pun sering menjadi unsur dari buah guna pencuci mulut yang dihidangkan di meja makan.

Pisang pun menjadi di antara jenis asupan yang tidak sedikit diberikan guna anak umur balita. Karena karakternya yang lembut, pisang dianggap sesuai sebagai jenis makanan pendamping guna balita. Pun, pisang adalahjenis buah yang dapat membantu seseorang dalam menambah kualitas kesehatan mereka. Salah satunya sebab pisang dapat membantu seseorang guna melancarkan proses buang air besarnya.

Dari kenyataan di atas inilah, yang menjadi bukti bahwa potensi budidaya pisang adalahsalah satu jenis usaha yang lumayan menggiurkan. Di samping karena hal budidayanya yang mudah, pisang pun adalahsalah satu komoditi yang mempunyai pangsa pasar lumayan besar. Baik guna pasar tanah air, maupun pasar di luar negeri. Mengingat, pisang adalahjenis tumbuhan yang sangat sesuai ditanam di distrik yang beriklim tropis laksana Indonesia.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post