-->

Wednesday 17 July 2019

Cara Budidaya Jeruk Lemon

Cara Budidaya Jeruk Lemon

cara-budidaya-jeruk-lemon

Croppiz.com - Jeruk lemon ialah salah satu tumbuhan buah yang paling multiguna, antara lain guna sari buah, penyedap minuman, bumbu penyedap masakan, mengasuh kecantikan, dan sekian banyak  pelengkap ramuan obat tradisional. Aromanya yang harum, rasa asamnya yang khas, mengakibatkan lemon sangat digemari oleh kalangan masyarakat guna minuman.

Jeruk lemon bisa dibudidayakan di semua wilayah tropis dan sub tropis, guna mendapatkan embrio yang berbobot dan cocok dengan kemauan konsumen, maka diharapkan embrio jeruk itu didapat dengan teknologi stek. Bagi mempercepat perkembangan akar dan tunas pada stek bisa dipergunakan zat pengatur tumbuh, salah satunya ialah IBA (Indole Butyric Acid) . IBA ialah salah jenis ZPT yang berisi auksin sintetis yang aktif untuk memicu pembentukan akar. Kosentrasi pemakaian zat pengatur tumbuh yang tepat akan memicu serta memunculkan pembengkakan pada batang jeruk lemon, selanjutnya akan menyusun kalus dan akhirnya memicu pembentukan akar. Sedangkan fokus yang berlebihan akan berdampak pertumbuhan tunas terhambat, daun menguning dan jatuh, batang menghitam dan stek kesudahannya mati.

Bahan dan perangkat yang dipakai untuk menyetek tumbuhan lemon ialah sebagai berikut

Alat yang digunakan
Gunting stek, Polibag, Ember plastic, Penggaris, Kertas label, Alat tulis, Sarung plastic, Timbangan, Gelas ukur, Gembor dan lainnya.

Bahan yang digunakan ialah ;
1). Bahan Stek (Tanaman induk Jeruk lemon tea)
2). IBA (Konsentrasi 400 ppm)
3) Media tanam (Campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang domba)
4). Aquades

Cara mengerjakan stek embrio jeruk lemon tea memakai ZPT ialah sebagai berikut;

1. Persiapan media tanam stek adala dengan membaur media tanam berupa gabungan tanah, pasir, dan pupuk kandang kambing dengan komparasi 1:1:1 lantas dimasukkan ke dalam polibag ukuran 15 X 20 cm

2. Menyiapan stek embrio jeruk lemon dengan teknik memeilih stek pucuk lemon tea yang berasal dari pohon induk berumur 3 tahun dan telah berbuah serta memiliki kuwalitas yang baik. Memotong panjang stek 15 cm atau memiliki stek pucuk sekurang-kurangnya 3 – 5 ruas. Bagian pangkal stek dicukur miring (450) dan daun stek disisakan dua helai yang dan daunnya dicukur setengahnya.

3. Menyediaan zat pengatur tumbuh ; pakai ZPT IBA yang dapat didapatkan di took-toko pertanian terdekat dan pakai ZPT itu dengan fokus 400 ppm, lantas larutan dengan aquades 1000 cc

4. Cara memakai zat pengatur tumbuh yakni dengan merendam Stek embrio jeruk lemon kedalam larutan IBA cocok dengan fokus selama 20 menit (selama dalam perendaman mesti terhindar dari cahaya matahari).

5. Penanaman stek, sesudah bahan stek dilaksanakan perendaman zat pengatur tumbuh stek segera ditanam pada media tumbuh. Sebelum stek ditanam terlebih dahulu diciptakan lobang dan jarak tanam supaya stek terlihat apik dan tidak bobrok serta mempermuda dalam perawatannya, tanam stek embrio jeruk lemon tea pada pangkal batang sedalam 3 cm ke lubang tanam yang sudah disediakan.

6. Pemeliharaan, sesudah penanaman stek selesai, stek butuh dinaungi plastik transparan untuk mengawal kelembabannya dan stek diguyur dengan air dua hari sekali memakai gembor.

7. Setelah stek embrio tanaman jeruk lemon tea telah tumbuh dengan baik lantas segera pindahkan ke lahan buatan yang sudah dipersiapkan. Semoga berfungsi dan sukses sesuai dengan yang diinginkan

Baca Juga :
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post