-->

Wednesday 17 July 2019

Iklim Yang Cocok Budidaya Jambu Biji

Iklim Yang Cocok Budidaya Jambu Biji

iklim-yang-cocok-budidaya-jambu-biji

Croppiz.com - Jambu biji ialah salah satu tumbuhan buah jenis perdu (Inggris = Lambo guava). Tanaman ini berasal dari Brazilia Amerika Tengah, menyebar ke Thailand lantas ke negara Asia lainnya laksana Indonesia. Hingga ketika ini sudah dibudidayakan & menyebar luas di daerah-daerah Jawa. Jambu biji tidak jarang disebut pun jambu klutuk, jambu siki, atau jambu batu. Jambu itu kemudian dilaksanakan persilangan melewati stek atau okulasi dengan jenis yg lain, sampai-sampai akhirnya menemukan hasil yg lebih banyak dengan suasana biji yg lebih tidak banyak bahkan tdk berbiji yg diberi nama jambu Bangkok sebab proses terjadinya dari Bangkok.

Iklim Yang Cocok guna budidaya jambu biji:
1. Dalam budidaya tumbuhan jambu biji / jambu air angin berperan dlm penyerbukan, tetapi angin yg kencang dapat mengakibatkan kerontokan pada bunga.
2. Tanaman jambu biji adalahtanaman wilayah tropis & bisa tumbuh di wilayah sub-tropis dengan intensitas curah hujan yg dibutuhkan berkisar antara 1000-2000 mm/tahun & merata sepanjang tahun.
3. Tanaman jambu biji bisa tumbuh berkembang serta berbuah dengan optimal pada suhu selama 23-28 derajat C di siang hari. Kekurangan sinar matahari dapat mengakibatkan penurunan hasil atau tidak cukup sempurna (kerdil), yg ideal musim berbunga & berbuah pada masa-masa musim kemarau yakni sekitar bulan Juli-September sedang musim buahnya terjadi bulan Nopember-Februari bersamaan musim penghujan.
4. Kelembaban udara sekeliling ingin rendah sebab kebanyakan tumbuh di dataran rendah & sedang. Apabila udara memiliki kelembaban yg rendah, berarti udara kering sebab miskin uap air. Kondisi demikian sesuai utk perkembangan tanaman jambu biji.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post