-->

Wednesday 10 July 2019

Cara Memilih Bibit Pepaya California yang Bagus

Cara Memilih Bibit Pepaya California yang Bagus

cara-memilih-bibit-pepaya-california

Halo sobat croppiz!. Meskipun harganya mahal, papaya California atau pepaya Calina masih populer di kalangan masyarakat, tidak kalah dengan budidaya papaya jingga.

Bentuknya oval dengan berat rata-rata 1,5 hingga 2,5 kg. Dengan ukuran yang relatif kecil dibandingkan pepaya lainnya, harga per kg pepaya California bisa mencapai Rp. 8.000.
Namun, tampaknya harga tersebut tidak dianggap sebagai penurunan daya tarik pepaya ini. Budaya mereka semakin luas dan produksi mereka meningkat setiap tahun.

Untuk mendapatkan panen yang baik, petani tentu memahami bahwa pemilihan benih pepaya California adalah kunci penting. Nah, bagi Anda yang tertarik masuk ke bisnis pertanian ini, pastikan mereka juga tahu rahasianya.

Untuk alasan ini, kita akan belajar bersama tentang cara memilih benih pepaya yang baik dari California. Selamat membaca.

Cara Memilih Bibit Pepaya California yang Bagus

Anda bisa mendapatkan biji pepaya California dalam tiga cara, yaitu dari buah utama, membeli langsung dari toko pertanian dan membeli melalui toko online. Kami akan memberikan saran yang tepat untuk tiga cara tersebut.

Mendapatkan bibit dari buahnya

Jika Anda berniat mendapatkan biji pepaya California langsung dari buahnya, maka pilihlah biji atau biji dari buah yang telah matang sempurna di pohonnya.
Pilih biji di tengah buah, atau hanya 1/3 dari pohon. Yang pasti, Anda bisa memotong pepaya California menjadi 3 bagian. Nah, itu bagian tengah yang bisa Anda ambil benihnya untuk pembibitan. Untuk informasi lebih lanjut tentang menanam California melalui biji, baca cara menanam pepaya.

Membeli bibit di toko pertanian

Jika Anda tidak memiliki pohon pepaya pembibitan berkualitas yang biji buahnya dapat digunakan sebagai biji, pergi ke peternakan untuk membeli biji pepaya California yang dijual dalam paket. Ssama dengan kapan Anda akan mulai menanam tanaman hias.
Yang harus Anda ingat ketika membeli benih di toko pertanian adalah untuk memastikan bahwa benih tidak kedaluwarsa dan bahwa mereka adalah biji pepaya unggul. Selain itu, cari biji pepaya California yang sudah memiliki sertifikat untuk menjamin kualitasnya.

Membeli bibit di toko online

Demikian pula, ketika membeli benih langsung dari toko pertanian, ketika melakukan transaksi pembelian, pastikan bahwa benih tidak kedaluwarsa atau bersertifikat.
Beli bibit pepaya California dari toko online tepercaya untuk menghindari penipuan dan mendapatkan apa yang Anda harapkan.

Begini cara memilih biji pepaya yang baik dari California, semoga dapat membantu Anda mendapatkan benih berkualitas terbaik. Dia juga belajar cara membuat biji bawang.
Sebenarnya, pepaya California bukan pepaya yang diimpor atau berasal dari luar negeri, seperti namanya. Pepaya ini adalah pepaya lokal yang menyandang nama kota di luar negeri untuk menarik minat masyarakat.
Dalam hal rasa, pepaya california juga memiliki rasa yang sama seperti pepaya jenis lainnya. Namun memang pemberian nama atau brand merupakan sebuah teknik marketing yang penting untuk dipertimbangkan.
Apa saja fakta menarik tentang pepaya california ini? Mari disimak pada keterangan di bawah ini.

Fakta Menarik Tentang Pepaya California

Pepaya california ini merupakan hasil temuan dari Ilmuwan Insdonesia, yaitu Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS dari Institut Pertanian Bogor.
Nama awal yang diberikan untuk jenis pepaya unggulan ini adalah pepaya IPB9 atau calina yang kemudian diberi nama lain pepaya california untuk tujuan komersil belaka.
Metode tersebut berhasil, dan kian mengangkat nama pepaya california sebagai buah faforit masyarakat Indonesia. Meskipun harga belinya relatif mahal, namun tidak menurunkan minat para pembeli.
Keunggulan dari pepaya california ini adalah dagingnya yang lebih renyah dibanding dengan pepaya jenis lainnya. Buahnya tidak lembek meskipun telah matang sempurna.
Dalam budidaya skala besar sebagai cara membiakkan semangka berukuran raksasa, pepaya California dibagi menjadi dua: pepaya betina California dan pepaya sempurna California. Bagi kita, orang biasa, kita mungkin tidak tahu bedanya, karena dari segi rasa dan tekstur mereka sama.
Satu-satunya perbedaan adalah bentuk buahnya. Jika pepaya California terlihat agak bulat, pepaya California memiliki bentuk yang lebih panjang
Tetapi perbedaan ini tentu penting bagi petani pepaya California. Karena harga jual di pasar antara keduanya jelas berbeda. Pepaya California diberi label sempurna dengan harga lebih mahal dari pepaya California.
Anda bahkan bisa mengatakan bahwa selisih harga antara keduanya bisa berlipat ganda. Jadi para petani juga akan mencoba untuk mendapatkan panen sempurna di pepaya California.
Untuk alasan ini, Anda harus berhati-hati ketika memilih biji pepaya yang baik dari California. Kami merekomendasikan Anda untuk mendapatkan biji pepaya California langsung dari petani yang sukses.
Kualitas benih dijamin, Anda dapat melihat peternak secara langsung sehingga mereka tidak perlu khawatir tentang jenis pepaya yang ingin mereka tanam. Tetapi jika Anda terpaksa membeli benih di toko pertanian atau online, pastikan bahwa periode produksinya tidak lebih dari 5 bulan.

Bibit yang kedaluwarsa akan menghambat pertumbuhan benih nantinya, selain itu, buah yang dihasilkan belum tentu berkualitas baik.
Jika memang Anda memutuskan untuk membeli bibit dari toko pertanian atau online, maka berikut ini adalah ciri dari bibit pepaya california yang baik dan berkualitas tinggi:
Dibungkus dengan plastik alumunium foil, sehingga bibit lebih tahan akan jamur.
Daya tumbuhnya tinggi
Presentasi buah sempurna mencapai 70% lebih
Masa berlaku bibit dibatasi hanya sampai 5 bulan
Semoga cara memilih bibit pepaya california yang kami bagikan ini memberi manfaat dan dapat Anda jadikan sebagai rujukan untuk budidaya pepaya california milik Anda. Selamat bertanam
Sumber: ilmubudidaya.com

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post