-->

Thursday 11 July 2019

Hama Kutu Putih Pada Tanaman Pepaya

Hama Kutu Putih Pada Tanaman Pepaya

hama-kutu-putih-pada-tanaman-pepaya

Croppiz.com - Putih-putih pada buah pepaya, pada daun dan pada batangnya ialah “hama kutu” terdapat yang menyinggung “kutu kebul”. Serangan hama ini khususnya pada tumbuhan pepaya yang sedang berbuah dengan fenomena buah pepaya menjadi berwarna hitam. Apabila terjadi serangan berat, buah bakal membusuk dan keriput. Hama kutu putih ini bilamana menyerang daun, bakal menunjukkan fenomena kerdil dan memberi pengaruh terhadap proses perkembangan tanaman tersebut sendiri. Apabila menyerang pada bahagian batang bakal menunjukkan fenomena kehitam-hitaman pada batang yang terkena, serangan berat akan menyebabkan buah gugur dan batang membusuk serta dalam masa-masa tidak begitu lama batang bakal mati.

Cara Membasmi Kutu Putih Pada Tanaman Buah Pepaya

Berdasarkan keterangan dari Prof. SRIANI satu kutu ini dalam satu minggu dapat berkembang biak sampai menutupi sarat pada satu daun atau satu buah, sehingga andai ada terdeteksi kutu ini maka mesti SEGERA dilaksanakan tindakan.

Kutu ialah termasuk serangga/insect sampai-sampai penanggulangannya pastinya dengan pestisida kelompok insektisida, AKAN TETAPI kutu-kutu ini terlindungi oleh lapisan lilin sampai-sampai penanggulangannya tidak mudah.

Berdasarkan keterangan dari Prof. SRIANI, berpengalaman pepaya dan cabe Indonesia, sebelum dilaksanakan penyemprotan dengan insektisida anda harus melemahkan lapisan lilin tersebut, dapat menggunakan larutan air detergen. Penyemprotan dengan detergen ini usahakan dilaksanakan pada pagi hari. Dengan penyemprotan memakai detergen itu lilin bakal rontok meski tidak seluruhnya.

Setelah dipancar dengan larutan detergen baru dilaksanakan penyemprotan insektisida kontak. Insektisida guna kutu kebul ini pilih insektisida kontak agar cepat mati, tidak mempedulikan kutu ini bermukim lama-lama dapat mengakibatkan perkembangan kutu yang lebih pesat.

Di samping pada tumbuhan buah pepaya kiat di atas pastinya dapat anda coba kerjakan di tumbuhan lain yang diserang oleh kutu kebul.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post